PPNI GRESIK
PPNI-Gresik-KOPI-TB
Diposting oleh :

DPD PPNI KAB. GRESIK TINGKATKAN PENEMUAN TERDUGA TBC DI KABUPATEN GRESIK

World Health Organization (WHO) mengumumkan Indonesia menempati peringkat ke-3 negara dengan kasus Tuberkulosis (TBC) tertinggi di dunia pada Oktober 2021, bersama TIM KOPI TB mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meminimalisir faktor resiko yang menyebabkan kegagalan penanganan TBC. Sebagai upaya meningkatkan penemuan terduga TBC, TIM KOPI TB PPNI Kabupaten Gresik mengadakan penyuluhan dan screening TBC pada 1 September 2022 di Ponpes Al-furqon Srowo Sidayu Gresik dengan sasaran pengurus Ponpes Al-furqon dan kurang lebih 2000 Santri dan Santriwati Ponpes Al-furqon.

Harapannya, setelah dilakukan kajian tentang TBC, pihak PONPES bisa memantau, menemukan gejala-gejala santri dengan keluhan mengarah ke TB agar segera di konsultasikan ke pihak Puskesmas, seluruh element Ponpes menjaga kebersihan lingkungan pondok, mengusahakan pencahayaan yang cukup dalam kamar dan ruangan pondok, serta pentingnya dilakukan imunisasi BCG. Tutur Ketua DPD PPNI Kab. Gresik

Disampaikan juga oleh narasumber penyakit TBC ini merupakan penyakit yang menular melalui dahak atau ludah dengan penyebaran antar manusia. Oleh karena itu upaya awal untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kesehatan masing-masing, berperilaku hidup sehat dan memiliki lingkungan yang sehat pula.

Setelah beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber, dilakukan tanya jawab dan seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara ini. Pada akhir acara seminar umum ini ada pengundian doorprize bagi peserta yang beruntung. (Sisfokom DPD PPNI Gresik)

Salam TB, TOSS TOSS TOSS
Temukan TBC Obati sampai Sembuh!

Siap Mewujudkan Eliminasi TBC di Kabupaten Gresik Tahun 2028

Bagikan:

Berikan Komentar

ZOOMINAR

Implementasi Kredensial Perawat di Puskesmas / Rumah Sakit / Klinik Swasta